4 Penyebab Sensor Fingerprint di Smartphone Rusak

Indonesia Android Kejar – Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi yang ada pada smartphone akan terus mengalami perkembangan. Berbagai terobosan baru terus bermunculan. Seperti yang bisa Anda lihat, sekarang ini sebagian besar smartphone yang tersedia di pasaran telah dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni serta fitur lengkap, terlebih lagi smartphone yang berada di segmen high end. Hal ini tentu akan sangat memudahkan para pengguna smartphone dalam menunjang aktivitas sehari-hari.

Saat ini semakin banyak vendor lebih memperhatikan fitur keamanan terhadap produk-produk smartphone buatannya. Sensor fingerprint menjadi salah satu fitur keamanan yang kini semakin banyak disematkan pada smartphone Android. Fitur yang satu ini memungkinkan smartphone hanya bisa dibuka oleh sidik jari pemiliknya saja sehingga akan lebih aman. Akan tetapi terkadang sensor fingerprint mengalami kerusakan sehingga menjadi sulit atau tidak bisa digunakan. Berikut ini akan kami ulas beberapa penyebab rusaknya sensor fingerprint di smartphone android.

fingerprint sensor

Penyebab Sensor Fingerprint di Smartphone Rusak

1. Terlalu Banyak Merekam Sidik Jari

Salah satu hal yang menyebabkan sensor fingerprint di smartphone mengalami kerusakan adalah karena terlalu banyak merekam sidik jari. Perlu Anda ketahui bahwa sensor fingerprint yang disematkan pada sebuah smartphone memang memiliki kemampuan untuk merekam data sidik jari, namun bukan berarti Anda boleh merekam semua sidik jari yang Anda miliki. Hal ini dikarenakan sensor fingerprint akan megalami kebingungan jika digunakan untuk merekam terlalu banyak sidik jari. Sebaiknya gunakan untuk men-sensor sidik jari yang paling sering dan praktis digunakan saja.

2. Tergores Benda Tajam

Hal berikutnya yang juga dapat menjadi penyebab sensor fingerprint yang ada di smartphone mengalami kerusakan yakni karena tergores oleh benda tajam. Panel yang ada pada sensor fingerprint memang sangat rentan untuk tergores oleh benda asing yang tajam. Goresan ini akan menghalangi sensor untuk membaca sidik jari. Oleh karena itulah sebaiknya Anda tidak memasukkan smartphone bersama benda tajam seperti misalnya kunci kendaraan di dalam saku yang sama.

3. Scan Dengan Jari Basah

Penyebab ketiga yang bisa membuat sensor fingerprint di smartphone mengalami kerusakan adalah karena melakukan scan dalam keadaan jari yang basah. Hal ini disebabkan karena air yang menempel pada jari akan menutupi sidik jari dan membuat sensor menjadi kesulitan untuk membaca data sidik jari Anda. Oleh karena itulah maka sebaiknya Anda harus mengeringkan tangan terutama jari terlebih dahulu sebelum membuka smartphone dengan sensor fingerprint.

4. Scan Dengan Jari Yang Kotor

Selain scan dengan jari basah, hal lainnya yang juga bisa menjadi penyebab sensor fingerprint mengalami kerusakan adalah karena melakukan scan dengan jari yang kotor. Hal ini dikarenakan kotoran yang menempel pada jari Anda juga akan menempel pada panel sensor fingerprint sehingga kotoran tersebut akan menghalangi sensor untuk membaca data sidik jari. Sebagai pengguna smartphone, alangkah baiknya jika Anda memastikan terlebih dahulu bahwa tangan Anda dalam keadaan bersih ketika menggunakannya.

Sensor fingerprint yang rusak tentu saja akan membuat Anda kesulitan dalam membuka smartphone, Anda bisa mencegah terjadinya kerusakan ini setelah mengetahui beberapa hal yang ada di atas.

Leave a Comment